Harumatsuri 11 suguhkan Imajinasi yang kami impikan

19.50.00

Jika teman-teman pembaca memerhatikan blog JFUIN, sejak bulan April lalu terdapat poster event Harumatsuri di bagian kanan home page blog JFUIN. 



(Bagi yang belum tahu apa itu Harumatsuri, bisa baca di sini)

Ya, sejak bulan April lalu, JFUIN diberikan kepercayaan untuk ikut serta mempromosikan event Harumatsuri sebagai media partner event tsb. Namun, tidak hanya sebatas mempromosikan, member-member JFUIN juga turun langsung memberikan live report dan meramaikan Harumatsuri 11 loh.

Harumatsuri adalah event budaya Jepang tahunan yang diadakan oleh program studi bahasa Jepang UHAMKA. Bermaksud melanjutkan kesuksesan di tahun-tahun sebelumnya, di tahun kesebelasnya ini, Harumatsuri kembali hadir dengan tema “Find Your Imagination.” Dan sesuai tema yang mereka usung, tahun ini Harumatsuri berhasil menyuguhkan Imajinasi yang kami impikan lewat eventnya.

Berikut laporan perjalanan member-member JFUIN di Harumatsuri 11.


Hari Pertama (Kamis, 5 Mei 2016)

Harumatsuri tahun ini dibuka dengan seremoni yang dilakukan di aula Ahmad Dahlan kampus B FKIP UHAMKA. Dan selepas pembukaan, acara pertama yang dilangsungkan di Aula Ahmad Dahlan adalah Workshop Kurumie.






Kurumie adalah kerajinan tangan khas Jepang yang terbuat dari kertas washi yang dipotong dan ditempel sesuai pola sehingga membentuk wujud 3 dimensi. Kerajinan Kurumei biasanaya menggunakan bentuk anak perempuan, bunga, atau burung hantu.

Selain workshop, acara utama di hari pertama Harumatsuri adalah berbagai macam perlombaan untuk tingkat SMA dan umum. Kegiatan-kegiatan yang dilombakan hari ini adalah lomba kanji, lomba menggambar fanart, lomba madding 3D, cerdas cermat, dan final lomba karaoke.




“Lagu yang wajib dibawakan dalam lomba karaoke ini adalah lagu Blue Bird dari Ikimono Gakari. Sangking seringnya diputar, mungkin pulang dari Harumatsuri saya bisa hafal lagunya,” ujar salah seorang Member JFUIN yang menolak disebutkan namanya. “Tapi salah satu peserta terbaik di lomba ini adalah peserta yang membawakan lagu First Love dari Utada Hikaru. Walaupun sound system kurang bersahabat, tetapi kita semua tetap dapat merasakan kualitas performance-nya. Keren.”

Di area outdoor, terdapat berbagai macam stand yang menjual makana dan pernak pernik khas Jepang. Dan di tengah area event terdapat panggung sederhana yang menampilkan berbagai hiburan seperti penampilan drama dan tarian Yosakoi dari teman-teman mahasiswa UHAMKA.

(Stand yang menjual merchandise anime. Beberapa member JFUIN sempat dibuat kalap berbelanja poster dan pernak-pernik lainnya)





Dan di Harumatsuri 11, untuk pertama kalinya kami mencoba memasuki Obake Yashiki si rumah hantu Jepang garapan JAKK. 


“Pertama kali nyoba masuk Obake. Serem sih, apalagi hantu terakhir, tapi karena kitanya juga heboh di dalam jadinya seru aja,” ujar Min #DR @JFUIN.



Hari Kedua (Sabtu, 7 Mei 2016)

Di hari kedua ini, member JFUIN yang bergabung untuk merasakan keseruan Harumatsuri bertambah. Dan beberapa di antaranya sukses menarik perhatian pengunjung dengan cosplay-nya.

(Kiri-Kanan: Seno as Kamen Rider Joker, Rijka as Maid, dan Salman as Taka no Me Mihawk)



Walaupun sempat terjadi hujan deras yang menghambat berjalannya event, tetapi selepas hujan, Shadow Cosplay Team berhasil menghentak pengunjung Harumatsuri. Sore ini Shadow Cosplay Team tampil dengan Gintama Cosplay Act yang sangat-sangat menghibur. Petjahhh!!!



Malam ini, penampilan Taiko dari Umaku Esia menjadi penutup perjalana member JFUIN di Harumatsuri 11. Dan sebelum pulang kami sempat membaur dengan pengunjung-pengunjung lainnya.dalam kereruan flash mob Yokai Watch. Seru.



Perjalana JFUIN di Harumatsuri memang sudah berakhir. Namun kemeriahan Harumatsuri masih terus berlanjut dengan penampilan dari para guest star, mulai dari MEA, Honey Beat, sampai, yang paling ditunggu, si pemenang lomba karaoke di Jepang, Fatimah Zahratunnisa.

Oke itu dia perjalanan JFUIN di Harumatsuri 11.

Sebuah pengalaman berharga bagi JFUIN bisa ikut serta membantu dan meramaikan Harumatsuri 11. Banyak pelajaran baru yang kami peroleh, banyak pula kesenangan yang kami rasakan.

Terima kasih kepada teman-teman member JFUIN yang sudah membantu dan sudah ikut serta seru-seruan di Harumatsuri 11 :).

Tak lupa juga JFUIN mengucapkan terima kasih yang sebesar-benarnya kepada Harumatsuri atas kerja samanya. Semoga ke depannya kita dapat terus berteman :).

Sampai jumpa di Harumatsuri tahun depan.

Arigatou Gozaimasu.




*Untuk lebih banyak foto, kunjungi instagram @JFUIN


Artikel Terkait

Previous
Next Post »