Review Anime : Tengen Toppa Gurren Lagann - Old but Gold

20.32.00

Kali ini gue bakalan ngespoiler rekomendasiin anime epic. Sebelum gue jelasin lebih lanjut gue pengen ngasih tau kalo gue rekomendasiin sesuatu itu, berarti sesuatu itu bener2 bagus. Lanjut. kalo gue rekomendasiin anime ini keorang lain pasti selalu ada kendala, dan kendalanya itu2 juga *curhat*.


Temen A          : eh? Lu tau anime bagus gak? Sebutin dah nanti gua pengen donlot
Admin              : gurren lagann aja, bagus tuh
Temen A          : genre-nya apa?
Admin              : mecha
Temen A          : yah elah mecha lagi, nggak ah. udah terlalu mainstream
Temen B          : iya mecha mah jelek, setuju gue ama lu A #Tiba2Nimbrung
Admin              : gue juga gak demen mecha. Tapi gue ngasih toleransi buat yang ini soalnya bagus banget, epic.
Temen A & B   : emang animenya kayak gimana?
Admin              : Nanti dijelaskan dibawah ini
Temen A & B   :  bawah mana [SENSOR] !?!?!?



Story :


Cerita ini berawal dari simon dan kamina yang bertugas sebagai penggali terowongan bawah tanah, mereka melakukan itu dikarenakan kebanyakan umat manusia tinggal dibawah tanah untuk menghindari tirani dari Lord Genome sang raja spiral. Mereka hidup di sebuah desa kecil dibawah tanah dan melakukan aktivitas sehari-hari disana juga. selain di daratan ada Lord Genome, di bawah tanah ada gempa yang selalu menghantui mereka.

Kamina yang bercita-cita untuk melihat daratan, mengajak simon untuk ikut bersamanya. Ketua desa mereka meremehkan omongan mereka dengan mengatakan desa itu adalah segalanya dan daratan itu tidak ada. Lalu ketika terjadi gempa seperti biasa, tapi kemudian atapnya runtuh beserta robot berbentuk muka.

Kamina dan Simon yang tidak terima desa mereka hancur lebur bertarung melawan robot itu. Bukan cuma robot dan reruntuhan yang runtuh dari atap tapi juga seorang perempuan bernama Yoko, mereka bertiga kemudian menemukan robot dengan desain muka seperti yang mereka sedang lawan, saat itu simon bisa mengendarai robot itu dengan “kunci” yang ia temukan saat menggali terowongan.

Dengan mengalahkan robot itu mereka bertiga pergi kedaratan diatas mereka, dengan demikian perjalanan epic mereka bermula.



Review :

Gue akan sesedikit mungkin ngespoiler anime ini, lebih enak nonton sendiri daripada di ceritain orangkan? Wkwk. Salah satu yang gue rekomendasiin adalah perubahan jalan ceritanya pada episode awal-awal penonton disuguhin sama konflik cerita yang bertubi-tubi, eps 1 ajah ada konflik, begitu kelar konflik 1 langsung muncul konflik 2, di dalam satu episode. Perkembangan konsep ceritanya juga enggak main-main kalo gak bener-bener merhatiin lu bakalan sebingung pas nonton outerstellar <-(merek disensor).

Gurren Lagann sebenernya anime jadul yang segenerasi sama Kamichama Karin, Lucky Star dan kawan-kawannya. Jadi grafiknya itu termasuk rata-rata pada masanya, tapi seperti yang gue tulis diatas yang bikin gurren lagann worth untuk ditonton itu bukan grafiknya, tapi ceritanya yang epic. Bukan cuma jalannya ceritanya epic tapi juga dibaluti oleh komedi yang gak bisa di bilang garing, double impact tuh.

Selain cerita yang epic, kisah cinta didalam gurren lagann juga sangat….. Tidak biasa. Gimana? Udah penasaran? Itu belum semua, bagi yang demen mecha dan belum tahu anime ini. Akan dikejutkan oleh salah satu aspek yang ada di robot gurren lagann tersebut pada akhir-akhir episodenya.




Terakhir saran dari gue, jangan kebanyakan nonton ‘H’. Saran lainnya kalo minta rekomen anime setidaknya bisa ngartiin sedikit judul animenya salah-salah lu bisa direkomen anime yang ‘aneh’.




Sumber gambar          : 



Ditulis oleh : Taqie Fadillah (@taqiefadillah) - Div. Kepenulisan JFUIN

Artikel Terkait

Previous
Next Post »