Dunia kreatif tanpa batas : Welcome to Fantasy World of Doujin Music

11.43.00

Musik merupakan sesuatu yang sudah tidak bisa dipisahkan dan menjadi bagian dari hidup kita. Saat galau, senang, dan susah musik menjadi suatu hiburan tersendiri bagi kalian yang jiwa -jiwa yang sepi (apa sih!?*abaikan penulis yang sedang bergeser jiwanya dimalam minggu ini) termasuk kalian J-lovers mungkin saja HP atau PC kalian bakal gersang tanpa adanya music-music seperti lagu J-pop/rock, Sountrack anime, dorama, sampai insert song di playlist kalian. Nah kali ini Saya akan membahas musik yang akhir-akhir ini menggelitik imajinasi dan jiwa saya ketika mendengarnya. Yap, Doujin


Doujin? Apa itu Doujin? Terus Hubungannya Apa sama Musik?

Kata Doujin, mungkin sudah tidak asing bagi telinga para j-lovers khususnya pecinta anime dan manga. Doujin yang sering kita kenal saat ini mungkin lebih kepada doujin manga, apa lagi buat kalian para penggemar yang prefer cerita yang melenceng dari genre atau main story (u know what I mean laahh..).


Dōjin (同人 dōjin) merupakan istilah yang digunakan untuk sekumpulan orang atau group yang saling berbagi seputar aktivitas yang mereka sukai, baik hobi, minat, ide dan tujuan yang sama (yah, bisa dibilang komunitas, fandom atau circle) Di jepang sendiri saat ini istilah doujin lebih kepada non official self publication serta dimana buat kamu para amatiran yang haus dan gatel untuk membuat karya baik kelompok maupun sendiri nah disitulah doujin muncul, of course karena namanya self publication jadi dari pembuatan, pencetakan, konsep, ilustrasi, video bahkan pemasaran dilakukan sendiri, dan gak main- main karya -karya doujin di jepang ini dijual dalam acara tahunan tersendiri yakni acara doujin terbesar dijepang yang sering kita kenal dengan COMIKET.

Dōjin music (同人音楽 doujin ongaku), atau otokei dōjin (音系同人) merupakan salah satu bentuk aktifitas doujin, sama seperti doujin yang lainnya, Dalam doujin music biasanya dilengkapi oleh goresan ilustrasi indah dari tim ilustrasi, gambar ilustrasi tersebut berkaitan langsung tentang tema lagu dan beberapa juga terdapat video klip yang pasti dibuat oleh mereka sendiri dan tidak jarang terdapat alur cerita dalam lagu atau albumnya.




Doujin music bisa didasarkan pada karya official atau karya original. Karya official contohnya re:arrangement music game dari Touhou project dan Final Fantasy. Sementara untuk karya original kebanyakan yang lebih bergenre fantasy seperti karya dari circle terkenal seperti Sound horizon yang diketuai oleh Revo vocalist Link Horizon, inget Opening anime shingeki no Kyojin pasti inget Link horizon thehe..) atau maple leave circle -nya mbak Shimotsuki Haruka yang karyanya juga sering dipakai oleh game seperti Atelier series, dan visual novel. Beliau juga dijuluki sebagai ratunya music doujin, selain itu ada circle Absolute castaway, dan masih banyak lagi termasuk voice syntizer vocaloid seperti Neru, Deco27, Yoyuppe (Produser Babymetal), Jin/shizen no teki P, Ryo (SuperCell). Serta karya lainnya yang yang mungkin masih banyak yang belum terpublikasi secara luas mengingat music doujin hanya dijual saat event -event tertentu. Dari musik doujin juga tidak jarang melahirkan banyak penyanyi terkenal seperti Yanagi Nagi yang mengawali karirnya sebagai artis doujin, Annabel, Reika Katakiri, Ray, dan Chata.









Nah Bagaimana di Indonesia? Ya, Terima kasih kepada perkembangan informasi dan teknologi, akibatnya baru – baru ini di Indonesia juga mulai mengenal dan memunculkan karya -karya anak bangsa bertema doujin seperti yang kita kenal pada tahun 2014 kemarin crafTUNER, sebuah Circle Doujin kreatif beranggotakan produser musik Vocaloid dan Touhou terbaik di Indonesia. Berikut ini adalah list para anggotanya, yaitu terdiri dari:

AoWAVE, farhan, idoyklik, Mixtrelle, PG2125, REDSHiFT, Vesuvia. Mereka semua ini merupakan composer musik berbakat yang mungkin belum diketahui oleh orang banyak, namun sobat bisa cek contoh dari karya-karya mereka di SoundCloud.

Selain itu mereka juga memiliki tim ilustrator dan video maker. Kesemuanya adalah HeadSet Team dan xtremeFX di bagian video, lalu Kim, grosspanda serta megmin sebagai ilustrator.
crafTUNER melakukan debut resmi pertamanya di bulan Agustus, bertepatan dengan event AFAID 14. Dan sampai sekarang sudah mengeluarkan 2 album sejauh ini.

Oke, segini dulu pembahasan dari saya… dari pembahasan diatas tadi mungkin bisa dijadikan bahan referensi bagi kalian untuk menambah playlist musik di Hp, i-pod, atau PC kalian, atau mungkin bagi kalian yang berjiwa seperti saya penyuka music bergenre fantasy mungkin bisa jadi alternative atau mungkin bisa menginspirasi kalian untuk membuat circle doujin music yang baru?


Sekian dari Saya ..

Terimakasih



Sumber : Wikipedia and Google



Ditulis oleh : Yeni Setia Artini (@ao_hiSora) - Div. Kepenulisan JFUIN

Artikel Terkait

Previous
Next Post »