Japanese joke? Why not!

09.34.00


Percakapan adalah suatu kebutuhan yang sangat mendasar bagi manusia, dengan adanya percakapan manusia dapat menjalin pertemanan, persahabatan, perkawinan, persalinan, perempatan, dan per-per yang lainnya. Tidak bisa dibayangkan jika manusia tidak bisa berkomunikasi satu sama lainnya akan terjadi kerusuhan, jadi diperlukan percakapan secara konstan agar mencapai kondisi prima sehingga jikalau pergi kerja bisa mendapat promosi #KebanyakanMainTheSims #GamerKronis #RIPRevolusiMental.
*Perubahan gaya tulisan diatas disebabkan karena penulis abis baca novel berat*

Pernah gak sih denger acara lawak di TV kayak OVJ(Opera Van Jfuin), Indonesia Walak Klub, DLL? Pasti pernah ada percakapan kayak gini:

A         : kalo begitu mending make telpon daripada hape
B         : telpon bukannya makanan yang isinya gula merah ya?
A         : itu klepon mas!
B         : klepon bukannya yang suka jagain masjid ya?
A         ; itu marbot pak. Jauh pak, jauh! *bacok B
B         : hehe iya ya *koleps kurang darah


Mungkin banyak orang belum tau kalo percakapan diatas kalau di Jepang disebut sebagai Manzai (漫才) atau sering disebut Tsukkomi(Si pintar) Boke(Si bodoh), teknik melawak ini sering dipakai di anime-anime bergenre comedy dan di acara televise baik di Jepang maupun negara lainnya, walaupun dengan sebutan yang berbeda.



Manzai ini bukan sebuah teknik baru dalam dunia perlawakan, teknik ini sudah melewati masa-masa yang panjang hingga menjadi seperti saat ini.

Awal kemunculan manzai terjadi pada periode Heian. Pada awalnya manzai digunakan untuk memperingati datangnya tahun baru, dua orang berkunjung dari satu rumah kerumah lain mengucapkan percakapan sederhana lalu satu orang bermain drum sedangkan yang lainnya menari.

Pada periode Meiji manzai menjadi lebih modern yaitu percakapannya tsukkomi boke-nya diiringi dengan music, istilahnya sekarang BGM(Back Ground Music), tapi pada saat itu manzai kalah saing dengan rakugo (sebuah drama yang dilakukan satu orang dengan mengubah intonasi suara pemain).

Di zaman Taisho. Yokohama Entatsu dan Hanabishi Achako memulai gaya manzai tanpa music, hanya mengandalkan percakapan. Ternyata gaya baru manzai ini sangat populer dan diterima oleh banyak masyarakat. Yoshimoto Kogyou sebuah promotor seni yang juga label dari Entatsu-Achako mengembangkan bisnisnya ke Tokyo, Mulai dari saat itu manzai terus berkembang hingga melebarkan sayapnya ke media elektronik, hingga sekarang.

Ada pula yang seni melawak yang hampir sama dengan ­manzai yaitu Stand up comedy dari amerika, secara keseluruhan manzai dilakukan dengan boke yang memulai percakapan dengan tsukkomi atau sebaliknya, kemudian terdapat keganjilan pada omongan boke atau boke membuat keganjilan tersebut, dilanjutkan dengan tsukkomi yang meluruskan komentar boke dengan penjelasan singkat, dan mungkin memukul pelan si boke.



Makin kesini lawakan yang digunakan pelawak semakin mencondong pada arah yang "aneh", ada yang make bahan hinaan, vulgar sampai ke masalah pribadi dijadiin lawakan, di layar kaca mungkin orang yang dijadikan bahan lawakan tertawa, tapi siapa yang tau isi hati orang itu? Tapi sekarang para pelawak di Indonesia mulai bangkit dengan adanya stand up comedy, karena kebanyakan pelawak stand up comedy bukan mengejek orang lain, tapi mengejek nasib sendiri.

Mungkin sekian makalah pengetahuan yang bisa saya share disini, sedikit saran dari saya hati-hati sama om-om yang sering ngeliatin anak kecil distasiun. Sedikit lagi saran dari saya terserah mau menggunakan apa untuk melawak asalkan jangan kelewatan, kesabaran ada batasnya loh.


Sumber : https:///en.m.wikipedia.org/wiki/Manzai
                Google image


Ditulis oleh : Taqie Fadillah (@taqiefadillah) - Div. Kepenulisan JFUIN

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Diah Dwi Arti
AUTHOR
19 Maret 2016 pukul 12.03 delete

nice post mas. baru tahu deh ada genre komedi seperti ini. manzai mungkin yang pernah saya lihat itu di Takeshi's Castle. hosts-nya melawak gitu kan ya. yang satu suka berlagak bodoh, yang satu lagi pintar. trus mukulnya juga pakai kipas. betul nggak?

Reply
avatar